Profil Youssoufa Moukoko Penyerang Muda Dortmund

superadmin 

Couragetorefuse.org – Borussia Dortmund menjadi tim yang sering dikenal dengan bakat-bakat muda yang dimilikinya. Kini Die Borussen tengah disorot dengan keberadaan pemain 15 tahun, Youssoufa Moukoko yang tampil apik di Borussia Dortmund U-17 dan U-19.

Pemain kelahiran Yaounde ini digadang-gadang akan segera dipromosikan ke tim utama dan berkesempatan melakukan debut di laga melawan Hertha Berlin. Youssoufa Moukoko yang baru akan menginjak usia 16 tahun pada 20 November bisa berlaga sehari setelahnya di laga tersebut.

Youssoufa Moukoko

Youssoufa Moukoko begitu menonjol di tim muda Dortmund dan begitu piawai mencetak gol. Catatan golnya selama ada di tim muda Dortmund pun begitu mentereng, Youssoufa Moukoko mencetak 141 dari 88 penampilannya di berbagai ajang baik U-17 maupun U-19.

Kini Borussia Dortmund hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa memainkan mesin gol barunya yang masih akan terus berkembangl. Youssoufa Moukoko dengan penampilannya sekarang pun menjadi jaminan jangka panjang untuk Borussia Dortmund.

Profil singkat

Youssoufa Moukoko merupakan pemain kelahiran 20 November 2004, yang menghabiskan 10 tahun sejak kelahirannya dengan tinggal bersama kakek-neneknya di Kamerun. Tahun 2014, barulah Moukoko ikut ayahnya ke Jerman dan tinggal di Hamburg.

Sejak awal keberadaanya di Jerman tersebut, Youssoufa mengasah bakat sepak bolanya di akademi St. Pauli. Tampil apik Moukoko pun dilirik akademi Borussia Dortmund dan akhirnya pindah pada Juli 2016.

Tampil pertama kali di usia 13 tahun bersama Dortmund U-17, Moukoko selanjutnya semakin berkembang dan hingga kini mencatatkan gol yang melimpah. Di Dortmund U-17 Moukoko mencetak 90 gol dari 56 laga sedangkan di U-19 Moukoko mencetak 47 gol dari 25 laga.

Moukoko di level nasional juga telah membela Jerman U-20 dan telah mencatatkan dua kali penampilan, setelah tampil memukau di Jerman U-16 dengan tiga gol dari empat penampilan.

Gaya Bermain

Situs resmi Bundesliga bahkan menilai gaya bermain Youssoufa Moukoko dengan sang megabintang sepak bola Lionel Messi. Hal yang dinilai dari kecakapan Moukoko ketika berhadapan dengan bek-bek yang tubuhnya lebih besar dari pada dirinya.

Moukoko mampu menghadapi hadangan pemain yang jauh lebih besar darinya dengan kemampuannya dalam mengontrol bola. Moukoko juga memiliki kaki dominan di kiri sama seperti Lionel Messi.

Catatannya sekarang yang mampu mencetak 141 gol dari 88 laganya juga mengingatkan kepada Lionel Messi yang bisa dengan mudah mencetak gol. Impresifnya catatan tersebut juga menjadi suatu yang menjanjikan untuk Youssoufa Moukoko.

Tahukah Anda?

Youssoufa Moukoko ternyata memang memiliki DNA sebagai pesepak bola di keluarganya. Kakaknya yang kini berusia 20 tahun Borel Moukoko merupakan seorang bek kiri yang pernah membela SW Essen dan telah tampil dua kali sebelum cedera menimpanya.

“Jika talenta sepak bolanya menurun dalam keluarga, dia akan menjadi pesepak bola yang menarik,” kata Ralf vom Dorp pelatih SW Essen menyasar pada fakta bahwa Borel memiliki tantangan berat untuk menghadapi Youssoufa, saudaranya.

Borel sendiri mengatakan bahwa, Youssoufa merupakan keajaiban yang banyak dipikirkan oleh banyak orang.

Apa Kata Mereka Tentang Youssoufa Moukoko

“Saya ingin menjadi seorang profesional bersama Dortmund, memenangkan Liga Champions bersama klub, dan memenangkan Ballon d’Or.” Moukoko mengatakan targetnya.

“Dia sangat muda dan sudah sangat baik. Suatu hari nanti dia akan menjadi seorang profesional. Hanya cedera yang bisa menghentikannya. Dia memiliki teknik yang sangat baik, kecepatan, dan penyelesaian yang baik. Itu adalah tiga kemampuan menonjolnya yang menyatu.” Kata pelatih Borussia Dortmund U-19, Michael Skibbe.

“Kami sangat senang. Ini akan membantu klub dan juga membantu perkembangan pemain muda lain. Kebanyakan klub kini ingin memberikan kesempatan kepada pemain muda terlebih kepada yang bertalenta sehingga bisa maju ke step selanjutnya.” Kata koordinator akademi Borussia Dortmund Lars Ricken.

“Moukoko jauh lebih baik daripada saya pada usianya. Saya belum pernah melihat pemain 15 tahun sebaik ini dalam hidup saya. Keuntungan untuknya adalah dia telah bermain untuk Dortmund pada usia 15 tahun. Di usianya, saya masih bermain di kota asalku, Bryne.” Ucap Erling Haaland, di kamp pramusim Dortmund di Swiss.

Recommended Posts

persiapan sebelum lari marathon
Sports

Persiapan Sebelum Marathon Wajib Pemula Ketahui

Persiapan sebelum marathon apa saja yang harus dilakukan. Kegiatan lari jarak jauh kini sedang banyak menjadi trend apalagi di kalangan para artis, penyanyi, selebgram, dan masih banyak lainnya yang mencoba olahraga satu ini. Bagi Anda yang baru tertarik untuk melakukan kegiatan olahraga seperti ini mungkin bisa melihat beberapa hal harus dipersiapkan sebelumnya. Menjadi bekal penting […]

superadmin 
Banyaknya kontroversi film kiblat menyebabkan jadwal penayangan terus diundur.
Film Trending

5 Kontroversi Film Kiblat yang Dilarang Tayang di Indonesia

Baru-baru ini di berbagai media sosial ramai tentang kontroversi film Kiblat yang dibintangi oleh youtuber terkenal Ria Ricis. Selama beberapa tahun terakhir tayangan atau konten dengan genre horor banyak diminati oleh penonton dari berbagai kalangan di Indonesia. Tidak heran akhirnya banyak produser berbondong-bondong membuat film tema horor, Kiblat adalah salah satunya. Namun belum sampai merilis […]

superadmin 
Instrumen Kebijakan Fiskal Ini Mendorong Perekonomian Tumbuh
Ekonomi

Instrumen Kebijakan Fiskal Ini Mendorong Perekonomian Tumbuh

Instrumen kebijakan fiskal menjadi poin yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan perekonomian Indonesia bisa sesuai harapan. Karena dengan ini negara mampu menjaga pengeluaran serta pemasukan, sehingga tumbuh stabil. Pertumbuhan tersebut akan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat. Jika negatif maka persoalan kemiskinan seakan sulit untuk dihindari, Tetapi, bila sebaliknya kemungkinan daya jual dari masyarakat sangat tinggi. Berbagai […]

superadmin