Kesehatan

Penyakit Musim Hujan Wajib Waspadai Agar Tetap Sehat

Athifa Hasanah 

Masyarakat harus mewaspadai penyakit penyerta musim hujan. Di saat musim penghujan seperti sekarang ini, virus dan bakteri berkembang lebih cepat sehingga risiko penularan penyakit menjadi lebih mudah.

Saat musim hujan, daya tahan tubuh biasa juga menurun. Hal ini membuat risiko tubuh terkena serangan penyakit menjadi lebih besar. Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang saat musim hujan antara lain flu, batuk dan deman serta masih banyak lagi.

5 Penyakit Penyerta Musim Hujan yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa jenis penyakit yang sering muncul dan menyerang ketika musim hujan tiba. Antara lain sebagai berikut :

1. Influenza

Influenza, atau flu, adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus atau air liur yang dibarengi dengan gejala seperti demam tinggi, batuk, sakit tenggorokan, pilek, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Secara umum influenza sebenarnya penyakit yang ringan dan mudah diobati. Penyakit ini menyerang berbagai usia mulai dari anak-anak kecil, orang tua, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah:

  • Menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan secara rutin.
  • Menghindari kontak dekat dengan orang yang telah terkena virus influenza.
  • Menggunakan masker saat flu.
  • Menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kamar tidur dan rumah.

2. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Selain flu, penyakit penyerta musim hujan yang wajib diwaspadai selanjutnya adalah DBD. Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Genangan air yang muncul saat musim hujan menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Gejala DBD meliputi demam tinggi, sakit kepala, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan sendi, serta ruam. Dalam kondisi yang parah, DBD bisa menyebabkan pendarahan hingga kematian. Untuk mencegah DBD, lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Menguras tempat penampungan air secara rutin.
  • Menutup wadah penampungan air agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
  • Menggunakan kelambu saat tidur.
  • Menggunakan lotion anti nyamuk.
  • Melakukan fogging di lingkungan yang terindikasi sebagai sarang nyamuk.

3. Diare

Penyakit penyerta musim hujan yang perlu diwaspadai lainnya adalah diare. Diare adalah kondisi di mana frekuensi buang air besar meningkat dengan feses yang encer. Penyebab utama diare adalah konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh bakteri, virus, atau parasit. Gejala diare biasanya meliputi feses cair, kram perut, mual, dan kadang-kadang demam. Untuk mencegahnya lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.
  • Mengonsumsi air dan makanan yang diolah dan dimasak dengan baik.
  • Menghindari makanan yang tidak higienis atau yang dijual di lingkungan yang kotor.

4. Penyakit Kulit

Penyakit kulit juga sering muncul ketika musim hujan. Penyakit kulit seperti jamur, eksim, dan infeksi bakteri sering terjadi selama musim hujan karena kelembapan tinggi. Penyakit penyerta musim hujan ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam, gatal, kemerahan, dan kadang-kadang pembengkakan. Cara mencegah penyakit kulit di musim hujan antara lain:

  • Menjaga kebersihan tubuh dan mandi secara teratur.
  • Menggunakan pakaian yang bersih dan kering.
  • Menghindari kontak langsung dengan air yang tergenang.

5. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit bakterial yang disebarkan melalui air atau tanah yang terkontaminasi oleh urin hewan yang terinfeksi, terutama tikus. Gejala penyakit penyerta musim hujan ini ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, muntah, dan kadang-kadang kuning pada kulit dan mata. Cara pencegahan leptospirosis sebagai berikut:

  • Menghindari berenang atau berjalan di air yang mungkin terkontaminasi.
  • Menggunakan pakaian pelindung seperti sepatu bot dan sarung tangan saat beraktivitas di area yang berpotensi terkontaminasi.
  • Mengontrol populasi tikus di lingkungan sekitar.

Tips Mencegah Penyakit Penyerta Musim Hujan

Agar terhindar dari risiko berbagai penyakit saat musim hujan, lakukan tips berikut ini :

  • Konsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

    Agar tubuh tetap sehat selama musim hujan, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang agar kebutuhan makro dan mikro nutrien tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Dengan begitu sistem imun akan bekerja secara optimal, sehingga menurunkan risiko tubuh terserang penyakit.

  • Jaga Kebersihan Tubuh dan Tangan

    Tangan menjadi salah satu media paling cepat masuknya kuman ke dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, khususnya setiap sebelum memasak, sebelum dan sesudah makan, serta setelah dari toilet. Agar lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Cara ini juga bisa Anda lakukan jika tidak menemukan akses air.

Saat musim hujan daya tahan tubuh biasanya lebih rendah sehingga lebih berisiko terserang berbagai jenis penyakit. Maka dari itu perlu menjaga tubuh tetap sehat agar bisa terhindar dari penyakit penyerta musim hujan.

Recommended Posts

persiapan sebelum lari marathon
Sports

Persiapan Sebelum Marathon Wajib Pemula Ketahui

Persiapan sebelum marathon apa saja yang harus dilakukan. Kegiatan lari jarak jauh kini sedang banyak menjadi trend apalagi di kalangan para artis, penyanyi, selebgram, dan masih banyak lainnya yang mencoba olahraga satu ini. Bagi Anda yang baru tertarik untuk melakukan kegiatan olahraga seperti ini mungkin bisa melihat beberapa hal harus dipersiapkan sebelumnya. Menjadi bekal penting […]

Athifa Hasanah 
Banyaknya kontroversi film kiblat menyebabkan jadwal penayangan terus diundur.
Film Trending

5 Kontroversi Film Kiblat yang Dilarang Tayang di Indonesia

Baru-baru ini di berbagai media sosial ramai tentang kontroversi film Kiblat yang dibintangi oleh youtuber terkenal Ria Ricis. Selama beberapa tahun terakhir tayangan atau konten dengan genre horor banyak diminati oleh penonton dari berbagai kalangan di Indonesia. Tidak heran akhirnya banyak produser berbondong-bondong membuat film tema horor, Kiblat adalah salah satunya. Namun belum sampai merilis […]

Athifa Hasanah 
Instrumen Kebijakan Fiskal Ini Mendorong Perekonomian Tumbuh
Ekonomi

Instrumen Kebijakan Fiskal Ini Mendorong Perekonomian Tumbuh

Instrumen kebijakan fiskal menjadi poin yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan perekonomian Indonesia bisa sesuai harapan. Karena dengan ini negara mampu menjaga pengeluaran serta pemasukan, sehingga tumbuh stabil. Pertumbuhan tersebut akan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat. Jika negatif maka persoalan kemiskinan seakan sulit untuk dihindari, Tetapi, bila sebaliknya kemungkinan daya jual dari masyarakat sangat tinggi. Berbagai […]

Athifa Hasanah