General

Mengenal Pengertian Teks Narasi, Ciri-Ciri hingga Contoh

Athifa Hasanah 

Teks narasi termasuk dalam karangan cerita dengan peristiwa yang disusun runtut berdasarkan waktunya. Peristiwa yang disampaikan dalam teks ini bisa benar-benar terjadi atau hanya sebatas khayalan semata.

Penulisan teks ini umumnya disusun untuk menghibur para pembaca lewat cerita yang ada, baik itu fiksi maupun nonfiksi. Meskipun bertujuan menghibur, tetapi alur yang dimiliki sangat jelas mulai dari awal hingga akhir.

Apa itu Teks Narasi?

Teks naratif atau yang disebut teks narasi merupakan teks yang menceritakan suatu peristiwa secara detail sesuai urutan waktu. Peristiwa yang disampaikan dalam teks ini bisa berupa pengalaman, kegiatan sehari-hari, ataupun karangan bebas.

Kejadian tersebut tentunya perlu dikembangkan dari suatu ide yang ada dengan kronologi yang jelas. Tujuannya tidak lain untuk menarik minat para pembaca dan mereka seolah akan merasakanperistiwa dalam karangan tersebut.

Selain itu, jenis teks yang satu ini ternyata dapat digunakan dengan tujuan untuk menambah wawasan. Jenis teksnya digunakan dalam beberapa karangan ilmiah seperti penelitian, laporan, dan skripsi.

Ciri-Ciri Teks Narasi

Perlu diketahui bahwa tidak semua teks yang menceritakan suatu peristiwa bisa disebut sebagai karangan narasi. Sebuah teks baru bisa dikatakan karangan narasi jika memiliki beberapa ciri berikut ini:

  • Menceritakan sebuah peristiwa atau pengalaman yang dialami oleh pengarang itu sendiri.
  • Peristiwa yang ingin diceritakan sudah pernah terjadi, sekedar imajinasi ataupun gabungan keduanya.
  • Memiliki permasalahan ataupun konfliks supaya menjadi semakin menarik (opsional)
  • Tidak mengesampingkan nilai estetika.
  • Penyusunan teks harus sesuai runtutan atau kronologis.
  • Memiliki pesan atau amanat yang ditulis pada akhir teks.
Struktur dalam Menyusun Teks Naratif

Sebelum melakukan penyusunan karangan narasi, kamu harus paham mengenai struktur yang ada didalamnya. Tujuannya untuk mengetahui manakah yang merupakan bagian awal, klimaks, hingga akhir dari kisah yang ada.

  • Orientasi. Bagian ini umumnya berisi informasi detail terkait tokoh, waktu, dan latar belakang.
  • Komplikasi. Tahap ini menggambarkan awal mula munculnya konflik yang ada dalam kisah atau cerita. Bisa juga menuliskan reaksi dari semua tokoh sampai mencapai puncak permasalahan.
  • Resolusi. Pada tahap resolusi atau pemecah masalah, permasalahan atau konflik dalam cerita akan berakhir. Akhir dari cerita tidak selalu menggambarkan kebahagiaan, tetapi bisa juga sedih atau bahkan tragis.
  • Coda. Coda termasuk penutupan teks yang berisi tentang amanah yang bisa diambil dari cerita itu sendiri. Namun sifatnya hanya opsional sehingga boleh dicantumkan ataupun tidak.

Berbagai Jenis Teks Naratif

Karangan narasi ternyata terbagi dalam 3 jenis yaitu narasi ekspositorik, narasi sugestif, dan narasi artistik. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing dari jenis teks tersebut:

  1. Narasi Artistik
    Narasi artistik termasuk salah satu jenis karangan narasi yang mempunyai sifat fiksi maupun nonfiksi. Biasanya menyampaikan cerita yang bisa dijadikan hiburan dan memiliki pengalaman mengesankan (estetik) untuk pembacanya.
  2. Narasi Ekspositoris
    Narasi ekspositoris atau informasi memiliki tujuan utama untuk memberikan informasi terkait suatu kejadian secara tepat. Jenis ini tentu bisa menambah wawasan atau pengetahuan untuk pembacanya.
  3. Narasi Sugestif
    Karangan sugestif berisi suatu saran atau pesan tersembunyi untuk disampaikan kepada pembaca. Jenis teks ini umumnya bersifat mengajak, namun masih tetap informasi dan dibuat berdasarkan urutan waktu.
Contoh Teks Naratif Sebagai Referensi

Untuk memudahkan kamu dalam mempelajari teks ini, berikut ini akan diberikan beberapa contohnya:

  • Contoh Narasi Sugestif
    Malam itu udara terasa begitu dingin, tetapi Mando masih terus mendorong gerobaknya. Mando menyusuri perumahan warga, harapannya masih ada orang yang ingin membeli baksonya. Hari itu Mando membutuhkan banyak uang untuk membayar sewa kosnya.Namun sayangnya, meski sudah larut ternyata masih belum ada pembeli sama sekali. Mando merasa sangat putus asa sehingga timbul pikiran licik yang masuk ke otaknya. Tiba-tiba dia langsung teringat kata sang ayah untuk selalu berusaha dan berbuat baik.

    Dia pun akhirnya tidak melanjutkan jualan dan lebih memilih untuk pulang. Saat menuju pulang, dia melihat gadis yang sedang dijambret oleh seorang pemuda.

    Tanpa perlu berpikir lama, Mando langsung mengejar dan memukul pemuda tersebut. Pemuda itu pun tak mampu melawan Mando hingga akhirnya memilih menyerah. Mando langsung mengambil tas dan langsung memberikan kepada pemiliknya. Catatan: Contoh teks sugestif ini dapat dikatakan berhasil jika kamu mampu membayangkan peristiwa di atas.

  • Contoh Narasi Tentang Fiksi
    Anom telah menempati lahan sekitar 250 meter persegi di sebuah desa yang nyaman, di ujung Kabupaten Kediri. Sampai malam tiba, terdengar lagu malam yang disenandungkan oleh semilir angin dan pohon mangga yang ada di depan rumah. Bintang yang terlihat indah menemani orang-orang yang sedang beristirahat, juga ditengok oleh lagu itu.
  • Contoh Narasi Sejarah
    Bapak proklamator Indonesia pernah diasingkan sekitar tahun 1936 sampai 1943 di Banda Neira. Saat diasingkan, Bung Hatta masih tetap berjuang untuk mengajari anak-anak dengan membuka kelas khusus. Semua perlengkapan belajar mulai dari papan tulis hitam, kursi, dan meja belajar masih terawat sampai saat ini.

Teks narasi dapat diartikan sebagai teks yang menceritakan peristiwa atau kejadian secara runtut berdasarkan urutan waktu (kronologis). Tujuannya untuk memberikan sebuah informasi, pengetahuan, atau hanya sekedar hiburan untuk pembacanya.

Recommended Posts

persiapan sebelum lari marathon
Sports

Persiapan Sebelum Marathon Wajib Pemula Ketahui

Persiapan sebelum marathon apa saja yang harus dilakukan. Kegiatan lari jarak jauh kini sedang banyak menjadi trend apalagi di kalangan para artis, penyanyi, selebgram, dan masih banyak lainnya yang mencoba olahraga satu ini. Bagi Anda yang baru tertarik untuk melakukan kegiatan olahraga seperti ini mungkin bisa melihat beberapa hal harus dipersiapkan sebelumnya. Menjadi bekal penting […]

Athifa Hasanah 
Banyaknya kontroversi film kiblat menyebabkan jadwal penayangan terus diundur.
Film Trending

5 Kontroversi Film Kiblat yang Dilarang Tayang di Indonesia

Baru-baru ini di berbagai media sosial ramai tentang kontroversi film Kiblat yang dibintangi oleh youtuber terkenal Ria Ricis. Selama beberapa tahun terakhir tayangan atau konten dengan genre horor banyak diminati oleh penonton dari berbagai kalangan di Indonesia. Tidak heran akhirnya banyak produser berbondong-bondong membuat film tema horor, Kiblat adalah salah satunya. Namun belum sampai merilis […]

Athifa Hasanah 
Instrumen Kebijakan Fiskal Ini Mendorong Perekonomian Tumbuh
Ekonomi

Instrumen Kebijakan Fiskal Ini Mendorong Perekonomian Tumbuh

Instrumen kebijakan fiskal menjadi poin yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan perekonomian Indonesia bisa sesuai harapan. Karena dengan ini negara mampu menjaga pengeluaran serta pemasukan, sehingga tumbuh stabil. Pertumbuhan tersebut akan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat. Jika negatif maka persoalan kemiskinan seakan sulit untuk dihindari, Tetapi, bila sebaliknya kemungkinan daya jual dari masyarakat sangat tinggi. Berbagai […]

Athifa Hasanah