7 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama
Otomotif

7 Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Athifa Hasanah 

Ada cara merawat rantai motor agar awet dan tahan lama yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Merawat rantai sebenarnya sangat penting dilakukan, namun masih ada orang yang tidak melakukannya, karena merasa komponen tersebut hanya perlu diberi pelumas oli saja.

Padahal komponen tersebut penting dirawat karena perannya yang sangat besar untuk motor. Komponen ini berfungsi untuk menggerakkan roda, jadi jika rantainya mengalami kerusakan seperti putus, terlalu berkarat dan lainnya maka roda motor tidak bisa bergerak.

7 Cara Merawat Rantai Motor

Ada cara merawat rantai motor agar awet dan tahan lama yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Merawat rantai sebenarnya sangat penting dilakukan.

Bagi Anda yang memiliki motor jenis bebek, koplingan atau lainnya yang masih memakai rantai, maka artikel ini sangat perlu dibaca. Anda harus tahu bagaimana cara merawat komponen tersebut agar tidak perlu sering ganti. Berikut beberapa cara merawatnya.

1. Memberikan pelumas

Cara merawat rantai motor pertama adalah memberi pelumas secara berkala. Pelumas dapat berupa oli, minyak dan lain sebagainya. Pelumas penting diberikan agar komponen rantai bisa bergerak dengan baik dan tidak mengalami gesekan hebat dengan bagian gear.

Caranya jagrak 2 terlebih dulu, lalu siapkan pelumasnya. Putar bagian roda belakang lalu berikan oli selagi rantainya masih bergerak. Sebaiknya jangan pakai oli bekas saat memberi pelumas, karena oli bekas hanya akan mempercepat proses karatan atau merusak gear.

2. Rutin mengeratkan rantainya

Kedua, coba eratkan rantainya secara rutin atau kapan saja Anda merasa bagian tersebut kendor. Kegiatan ini membutuhkan pemahaman tentang cara membuka bagian gear dan mengeratkannya kembali. Jadi jika tidak tahu caranya, sebaiknya minta bantuan ke bengkel.

Dengan melakukan cara merawat rantai motor ini, performa rantainya akan semakin baik karena sudah tidak kendor lagi. Hal ini karena jika bagian itu terlalu kendor, maka lama kelamaan rantainya akan lepas dari gear terutama saat dipakai berkendara kecepatan tinggi.

3. Lakukan pindah gigi dengan hati – hati

Cara ketiga adalah melakukan perpindahan gigi dengan hati – hati dan tidak terlalu kasar. Hal ini penting diperhatikan, karena memindah gigi terlalu keras akan membebani bagian rantai. Jadi coba latihan dulu memindah gigi dengan baik agar tidak ada komponen yang rusak.

Cara ini kelihatannya tidak berpengaruh, namun sebenarnya memiliki peran besar dalam menjaga agar komponen rantai dan gear tetap bagus. Pastikan Anda selalu lembut saat memakai motor, terutama saat mengganti gigi di area tanjakan atau tikungan tajam.

4. Rutin dibersihkan

Cara merawat rantai motor keempat adalah rutin membersihkan. Misalnya jika Anda habis jalan – jalan ke area berlumpur atau melewati area banjir, maka langsung bersihkan bagian ini dengan memberikan sabun dan air, kemudian digosok sampai kotorannya hilang.

Jangan biarkan kotorannya membandel, karena hal ini akan merusak rantainya saja. Jika sudah membersihkan bagian itu dengan sabun dan air, segera keringkan sampai tuntas. Lalu berikan pelumas lagi sebelum digunakan agar performa kendaraan bagus saat dijalankan.

5. Ganti jika sudah waktunya

Jika sudah waktunya ganti, maka jangan sampai ditunda – tunda. Rantai sebenarnya menjadi komponen yang memiliki masa pakai panjang, namun masih tetap perlu diganti sewaktu – waktu jika memang waktunya atau ada kerusakan seperti tidak bisa dieratkan atau karatan.

Sebaiknya jangan menunda mengganti komponen ini, karena penundaan hanya akan membuat rantainya semakin cepat rusak. Cara merawat rantai motor ini bisa dilakukan secara mandiri jika sudah tahu caranya atau langsung datang ke bengkel agar lebih cepat.

6. Selalu menggunakan gear dengan kualitas terbaik

Berikutnya coba gunakan gear dengan kualitas terbaik setiap kali mengganti komponen tersebut. Anda bisa mencari tahu dulu merk dan kualitas terbaik agar bisa menentukan pilihan. Bisa juga dengan langsung menanyakan rekomendasi gear pada bengkel terdekat.

Selain memakai gear dengan kualitas terbaik, pastikan juga memakai gear yang paling cocok dengan motornya. Jangan menggunakan gear jenis motor lain agar tidak cepat rusak. Setelah memasang gear dengan kualitas terbaik, jangan lupa langsung beri pelumas sebelum dipakai.

7. Hindari menyetir di area banjir

Cara merawat rantai motor terakhir adalah menghindari menyetir di area banjir. Hal ini karena banjir akan mempercepat proses karatan. Sebaiknya jangan menyetir dulu jika banjir atau lewat jalan lainnya yang kemungkinan tidak ada genangan air.

Namun jika sudah terlanjur melewati jalan yang banjir, Anda harus segera membersihkan rantainya dengan air saat sudah sampai di rumah. Setelah itu langsung keringkan agar tidak karatan dan langsung berikan pelumas, misalnya oli baru, minyak mesin dan lain sebagainya.

Jika sudah melakukan beberapa cara tersebut, pasti rantainya lebih sehat dan dapat dipakai dalam waktu lama. Dengan begitu Anda juga bisa hemat biaya dan mendapat performa terbaik. Pastikan melakukan semua cara merawat rantai motor tersebut secara rutin.

Recommended Posts

Solusi Layar HP Ngefreeze Paling Mudah Tanpa Bantuan Teknisi
Teknologi

Solusi Layar HP Ngefreeze Paling Mudah Tanpa Bantuan Teknisi

Jangan dulu dibawa ke tempat service, solusi layar hp ngefreeze, sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri. Ini merupakan masalah umum yang sering terjadi pada pengguna hp Android. Mungkin Anda sangat khawatir dan panik ketika layar hp tidak bisa berfungsi dengan baik. Sistemnya berhenti dan tidak bekerja seperti biasanya. Situasi tersebut dinamakan ngefreeze atau ngehang. Meski Anda […]

Athifa Hasanah 
Tips Mengelola Tekanan Darah untuk Hidup Lebih Sehat
Kesehatan

Tips Mengelola Tekanan Darah untuk Hidup Lebih Sehat

Mengelola tekanan darah adalah langkah penting yang dapat membantu Anda mencegah berbagai masalah kesehatan serius. Seperti contohnya penyakit jantung serta stroke. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan umum dihadapi banyak orang. Kondisi ini bisa berdampak serius pada kesehatan jika tidak dikelola secara lebih baik lagi. Panduan Praktis Mengelola Tekanan Darah Kami […]

Athifa Hasanah